Belajar Kaligrafi Arab

Kaligrafi merupakan bentuk tulisan indah. Hal ini berdasarkan makna kata kaligragi itu sendiri, yang berasal dari bahasa Yunani. Kali bermakna indah dan grafi berarti tulisan. Definisi indah sendiri sangat beragam, namun demikian indah berarti sedap dipandang, enak dilihat atau mungkin anda sendiri memeiliki pendapat arti  indah. Tulisan yang pada awalnya adalah alat komunikasi, dalam perkembangannya memiliki banyak fingsi. Salah satunya fungsi keindahan.
Bentuk Bentuk Tulisan Arab
Beberapa bentuk tulisan Arab yang dikenal dengan Khat

Apapun tulisan dan asalnya dapat dibuat indah, atau dengan kata lain dibuat kaligrafi. Salah satu tulisan yang sering dibuat kaligrafi adalah tulisan arab. Tulisan arab sendiri merupakan rangkaian dari huruf hijaiyah.

Kaligrafi arab banyak dijumpai di masjid masjid ataupun sebagai pajangan dirumah rumah. Perkembangan seni kaligrafi arab sangat pesat. Banyak khattat, istilah untuk penulis kaligrafi arab, yang keluar dari kaedah penulisan kaligrafi yang sudah dipegang teguh turun temurun. Bentuk tulisan kaligrafi yang sudah merajai jenis tulisan arab yaitu, khat nashi, khat tsulutsi, khat diwani, khat diwani jali, khat kufi,khat riqah, dan khat farisi. Khat dalam bahasa arabnya adalah tulisan.

Khat khat tersebut merupakan khat dasar, yang cara penulisannya dan bentuknya sudah diatur sedemikian rupa, oleh para khatat jaman dulu. Khat khat tersebut sudah dikenal berabad abad oleh umat Islam di penjuru dunia. Saat kita akan belajar menulis kaligrafi arab, alangkah baiknya kita menguasai salah satu atau semua bentuk khat tersebut. Jika penguasaan dalam khat dasar tersebut sepenuhnya dikuasai, tidak ada batasan untuk kita mencoba, bentuk khat konteporer yang akhir akhir ini bermunculan.

Untuk mengawali belajar kaligrafi arab kami sarankan untuk belajar khat yang sudah kami sebutkan di atas yaitu :

1. Khat nashi
2. Khat diwani
3. Khat diwani jali
4. Khat tsulutsi
5. Khat farisi
6. Khat riqah
7. Khat kufi

Setelah kesemua khat dasar tersebut dikuasai, anda bebas berkreasi membuat khat dengan bentuk yang anda sukai.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Belajar Kaligrafi Arab"

Post a Comment