Cabang Seni Rupa

Cabang-Cabang Seni Rupa

Seni Murni

- seni lukis
Seni lukis merupakan cabang seni rupa dua dimensi. Karya seni lukis yang sering juga disebut lukisan, umumnya dibuat diatas kain kanvas berpigura dengan bahan cat minyak, cat akrilik, atau bahan lainnya. Objek dan gaya lukisan sangatlah beragam. Karya seni lukis bergaya naturalis (potret) dibuat persis seperti seperti objek aslinya, seperti pemandangan alam, figur manusia, binatang, atau benda lainnya. karya lukis bergaya ekspresionis memiliki objek benda atau figur yang dibuat dengan garis dan warna yang bernuansa emosi pelukisnya. bentuknya tidak nyata, tersamar, bahkan kurang dimengerti oleh banyak orang. 

- seni patung
Cabang seni kedua adalah seni patung. Seni patung adalah cabang seni rupa murni yang berwujud tiga dimensi (tidak datar). Dalam seni patung kerap digunakan bahan dari batu, kayu, logam, atau bahan lain sepanjang seniman dapat mengolahnya menjadi sebuah patung. 

- seni grafis
Seni grafis adalah cabang seni rupa murni yang berwujud dua dimensi dan dikerjakan melalui teknik cetak. Seni grafis dapat dibuat dengan teknik sablon (cetak saring), cukil kayu (cetakan), etsa (pengasaman pada bahan metal), dan lito (pencetakan dengan bahan batu litho) 

- seni kramik
Seni keramik adalah cabang seni rupa yang murni berwujud tiga dimensi denan bahan utama lempung, kaolin, atau jenis tanah lain yang pengerasannya dibakar bisasany dilakukan di dalam tungku. Seni keramik modern tidak lagi terikat oleh bentuk putar tetapi dapat lebih bebas, baik bentuk dasar geometris maupun organik. 

- seni kriya
Seni kriya adalah cabang seni rupa berwujud dua atau tiga dimensi, baik yang memiliki guna praktis maupun guna hias, yang dapat dibuat dengan aneka bahan. Seni kriya tak hanya mengolah bahan-bahan yang kerap dipakai dalam seni patung dan seni keramik, namun juga menggunakan berbagai bahan-bahan lainnya. 

Desain

- desain prodak
Desain prodak adalah cabang seni rupa yang berupaya untuk memecahkan persoalan kebutuhan masyarakat akan peralatan dan benda sehari-hari untuk menunjang kegiatan. Misalnya perabot rumah tangga. 

- desain interior
Desain interior adalah suatu kegiatan yang berupaya untuk memecahkan kebutuhan akan ruang yang nyaman, dan indah. 

- desain komunikasi visual
Desain grafis atau desain komunikasi visual adalah cabang seni rupa yang berupaya untuk memecahkan kebutuhan masyarakat akan komunikasi rupa cetak, seperti poster, brosur, undangan, majalah, surat kabar,logo perusahaan, kemasan, cover buku dan bahkan juga cerita bergambar. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cabang Seni Rupa"

Post a Comment