Pengertian Seni

lukisan dengan media dinding(perupa:arif h.2007)
Istilah seni secara etimologis merupakan padanan kata dari art (inggris) dan ars (latin) atau techne (yunani). Istilah techne kerap di padankan dengan kemahiran atau ketrampilan yang tinggi dalam menciptakan benda-benda kebutuhan sehari-hari. Sedangkan istilah seni rupa merupakan padanan kat dari visual art (seni rupaatau yang dapat dilihat), fine art (seni indah), dan ada pula yang menyebutnya pure art (seni murni). Istilah pure art di masa sekarang dipadankan dengan karya seni murni yang tidak memiliki kegunaan praktis, seperti lukisan atau patung. 
Pengertian seni tersebut,setiap saat mengalami perkembangan sejalan dengan zaman dan peradaban manusia. Beberapa pengertian seni diantaranya:
- seni adalah pemanfaatan budi dan akal untuk menghasilkan karya yang membahagiakan jiwa spiritual manusia
- seni adalah suatu penjelajahan manusia dalam menciptakan realitas baru di luar kemampuan akalserta menyajikandalam bentuk perlambang
- seni adalah kegiatan untuk menciptakan suatu yang dapat di pahami oleh perasaan manusia ; bentuknya dapat berupa luisan, patung,arsitektur, musik , drama. tari, film,dan sebagainya
- seni adalah sebuah karya yang diciptakan oleh pribadi yang kreatif yang diwujudkan oleh pengungkapan yang  harmonis, serta dapat berdiri sendiri ssebagai suatu gagasan atau hasrat yng mengharukan
- seni adalah sebuah karya yang mengandung kesatuan organik yang kompleks serta disajikan dalam wujud kesatuan unsur, ekspresi, ddan hubungan di antara keduanya yang mengaugah indea manusia. 
- seni adalah kemahiran dalam menciptakan aneka bentuk untuk menggembirkan orang lain. 
- seni adalah suatu wujud yang terindra, atau merupakan benda yang dapat dilihat, didengar ataukeduanya.
- seni adalah hal-hal yang diciptakan dan diwujudkan oleh manusia dan dapat memberi rasa kesenangan, kepuasan, dengan penikmatan rasa indah. 
Dan menurut para ahli filsafat mengemukakan bahwa pengertian seni dapat diperluas, yaitu sebgai
- kemahiran untuk melakukan atau menciptakan sesuatu untuk memuaskan pengalaman seseorang dalammenikmatikeindahan
- kemahiran seseorang dalam mengungkapkan atau mengkomunikasikan perasaannya, baik secara individual maupun sosial.
- kemahiran dalam merancang, menyususn, atau mempertunjukan suatu kegiatan yang memiliki nilai-nilai keindahan yang bersifat subjektif.
- wujud sebuah produk/hasilan dengan kemahiran yang baik,baik dilakukan oleh pribadi maupun kelompok. 
- wujud utama dari kebudayaan manusia ataupun bangsa yang memiliki makna.
Sejalan dengan perkembangan peradaban benda, dalam perkembangan dunia kesenirupaan dan metode berfikir yang rasional di abad ke-19 muncullah design sebagai padanan dari kata rancangan (merancang, desain) atau menciptakan benda estetis yang memiliki fungsi praktis. 
Pembicaraan tentang seni umumny terkait dengan kindahan. Apakah keindahan itu? keindahan adalah nilai-nilai estetis yang menyertai sebuah karya rupa. Keindahan juga dipahami sebagai sebuah objek yang memiliki unsur keindahan. Dalam dunia kesenirupaan nilai-nilai keindahan kerap dikaitkan dengankualitas karya rupa yang mengandung unsur kesatuan , keselarasan, keseimbangan, dan kontras sehingga menimbulkan perasaan haru,nyaman,nikmat, bahagia,agung, getar, ataupun rasa senang. Kesemuanya itu kemudian dikenal sebagai prinsip=prinsip estetik dalam karya rupa. 
Medium pengungkapan seni rupa bermacam-macam. Tergantung kreasi dari sang seniman. Misal medium yang sering dijumpai dalam pengungkapan seni rupa antara lain; kertas, kanvas (lukis), batu, kayu( patung), lempung (keramik), nada suara (musik), tulisan (sastra), gerak (tari), gerak dan suara (drama), bahan bangunan (arsitektur), produk teknologi (desain produk), busana (tekstil), cetakan (grafis) dan berbagai material yang ada di alam. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Seni"

Post a Comment